Press "Enter" to skip to content

√ 9 Cara Menghilangkan Jerawat Pasir Di Punggung Secara Alami

redbridge 0

Cara Menghilangkan Jerawat Pasir di Punggung

Kemunculan jerawat pasir di punggung terkadang tetap bisa membuat tidak nyaman. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kehadiran jerawat pasir di punggung.

Jerawat pasir dapat muncul di mana pun saja pada tubuh anda sepanjang anda mempunyai kelenjar yang menghasilkan minyak atau pun folikel rambut. Selain jerawat wajah, salah satu jerawat yang sering menjadi gangguan ialah jerawat di punggung.

Selayak dengan wajah, punggung juga mempunyai banyak kelenjar sebaceous yang berperan dalam memproduksi sebum maupun minyak. Keberadaan tumpukan sebum yang bercampur dengan sel kulit mati serta bakteri akan menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan kehadiran jerawat. lalu bagaimana cara menghilangkan jerawat pasir di punggung ini? simak penjelasan berikut ini.

Bagaimana Mencegah dan Mengobati Jerawat di Punggung

Agar jerawat tidak hadir, maka yang perlu untuk diperhatikan ialah kebersihan tubuh anda secara keseluruhan. Nah, berikut ini beberapa cara untuk mencegah maupun cara menghilangkan jerawat pasir di punggung.

  1. Bersegeralah mandi sesudah anda melakukan aktivitas yang menghasilkan banyak keringat. Apabila tidak memungkinkan, maka gunakan produk yang memiliki kandungan asam salisilat yang bisa membantu untuk menyegarkan kulit serta membuang minyak secara berlebih.
  2. Selain itu, anda juga harus menghindari menggunakan tas punggung. Mengapa demikian? Karena ada beberapa kasus dimana kehadiran jerawat pasir di punggung berhubungan dengan pemakaian tas jenis ini. anda bisa memakain tas pinggang maupun tas selempang supaya risiko jerawat pasir di punggung semakin kecil.
  3. Anda bisa membersihkan punggung menggunakan pembersih yang memang ditujuan untuk kulit yang sensitif terhadap tumbuhnya jerawat. Kemudian sesudah kulit bersih serta kering, oleskan krim yang memiliki kandungan benzoil peroksida pada bagian punggung yang berjerawat.
  4. Gunakan baju yang berasal dari kain berserat alami maupun kain yang dapat menjaga kulit sehingga tidak lembab.
  5. Apabila kulit Anda kering, maka pergunakan pelembap jenis non-comedogenic. Kulit yang terlalu kering dapat menyebabkan kehadiran jerawat.
  6. Rutin mengganti seprai juga dapat mencegah punggung serta bagian tubuh lain mengalami jerawat. semakin jarang seprai digunakan, maka akan makin banyak sel-sel kulit mati, keringat, sebum, serta kuman yang bersarang di punggung. Seprai dengan bahan katun jauh lebih bagus jika dibandingkan dengan bahan lain karena tidak membuat kulit menjadi lembap ketika tidur.
  7. Hindari menggunakan obat-obatan tertentu yang dapat memicu kehadiran jerawat di punggung. Beberapa obat yang memiliki kandungan androgen serta lithium dapat menyebabkan jerawat.
  8. Apabila pada tubuh Anda sudah berjerawat, maka anda bisa mencoba cara menghilangkan jerawat pasir di punggung ini.

  9. Beberapa bahan yang dapat anda gunakan untuk mengobati jerawat pasir di punggung secara mandiri tanpa harus menggunakan resep dokter ialah asam salisilat, benzoil peroksida, serta sulfur. Namun perhatikan bahwa perawatan ini hanya ditujukan untuk jerawat dengan kategori ringan.
  10. Anda bisa melakukan perawatan kulit yang baik. Anda bisa menjaga kebersihan tubuh secara teratur dengan tetap membersihkan kulit terutama sesudah anda berkeringat, mencuci rambut, serta membersihkan hingga benar-benar bersih sampai tidak ada conditioner shampoo yang tertinggal, serta hindari aktivitas memencet jerawat.

Lakukan hal-hal pencegahan jerawat pasir diatas dengan sungguh serta hindari paparan sinar matahari yang berlebihan. Apabila cara-cara di atas tidak dapat mengusir jerawat pasir dari punggung Anda, maka segera konsultasi dengan dokter spesialis kulit.

Tindakan yang dapat Memperburuk Jerawat

Ada beberapa perlakukan yang bisa memperburuk keadaan jerawat, di antaranya adalah:

  1. Jangan sesekali mencoba menghilangkan jerawat dengan cara memencetnya. Tanpa pengetahuan yang cukup, maka tindakan memecet jerawat juga dapat membuat timbulnya bekas luka secara permanen.
  2. Terlalu sering membersihkan bagian yang berjerawat maka bisa menyebabkan jerawat pasir di punggung semakin menjadi serta iritasi kulit.
  3. Menggunakan air panas maupun dingin. Maka jawabannya adalah lebih baik menggunakan air dengan suhu yang sedang ketika mandi.

Jerawat pasir di punggung umunya berhubungan dengan genetika seseorang yang mempunyai produksi minyak secara berlebih dalam tubuhnya. Tetapi faktor gaya hidup juga memiliki pengaruh termasuk pemakaian produk perawatan tubuh. Oleh karena itu, untuk meminimalisir risiko jerawat kian minim, maka gaya hidup yang sehat serta bersih harus diterapkan. Baca juga : cara membesarkan payudara. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *